Perjalanan Ke Surabaya

Latar Belakang

ini semua bermula dari ajakan temen lama saya untuk mengunjungi tempat tinggal dia, sekarang dia kuliah di salahsatu univ terkenal di Surabaya.
Maka saat liburan telah tiba saya kepikiran atas ajakan temen saya tsb. lantas tanpa berpikir panjang saya langsung ingin cussszzz ksana,

Mencari Tiket 

hal yg pertama tentu mencari membuat itinery perjalana dulu modal mbah gugel lah seperti biasa..
lalu hunting tiket termurah ( maklumlah sayamah mahasiswa rantau bisa apa huhu ). and then,  saya mendapat info transportasi termurah yaitu  Kereta Api Legawa harga only Rp74.000 one way.
Booking alhamdulilah dapet, tapi mungkin karena efek puasa ( dan tidak saur ) saya lupa bayar bookingan tsb hingga waktu yg ditentukan, alhasil batal deh dan saya mendapat tiket Kereta Api Sri Tanjung seharga Rp. 101.000..
Selisihnya 30rb-an cuy, lumayan bwat anak kos bisa bwat hidup sehari.. hikshiks..

Tiket udah dpt lalu tanpa lebar ba-bi-bu besoknya langsung cuss ke stasiuns Purwosari nebeng mas febri, btw  mas febri itu mahasiswa jomblo menjelang skripsi huehue., kesian ya :( .
Nyampe deh sts. Purwosari, seperti biasa bikin snapgram dulu biar kaya anak kekinian.. nunggi 30menitan akhirnya kereta ku nyampe juga dengan penuh gagah berani mendarat di stasiun Purwosari.

Ohya dalam perjalana ini aku bawa 4buku, rencana mau dibaca dikereta + ngasih temen nantinya, jadi pas didalem kereta ta baca deh salahsatu buku itu yg berjudul dracula, and actually that novel uses english languange :(.. so i fell difficult for read thats novel. Alhasil pala puyeng, saya lebih pilih deh mendingan liatin pemandangan yang ijo ijo aja diluar kereta
( sawah maksudnya, bukan buto ijo ).

Surabayaaaaa

Sekitar 7jam-an perjalana mungkin, akhirnya nyampe di kota Surabaya, i fell so excited. soalnya Surabaya itu kotanya gede dan padet banget yaa, aku kira tadinya cuman sekelas Semarang gitu eh tapi engga. dan  disetiap pinggiran rel pasti ada rumah-rumah berbentuk gubuk warga khas ala Jakarta bingits, oh god penyakit akut khas wilayah kota metropolitan ternyata sudah menjangkit kota Surabaya ini huhu..

Semoga bu risma dgn tangan magicnya bisa memperbaiki masalah ini
Akhirnya gk lama dr Surabaya saya turun di sts. Wonokromo.
dari sts. Wonokromo saya rencana mw ngunjungin taman balekembang + bonbin Surabaya yg dulu ada kasus hewan kurus itu.. waktu itu sekitar jam 2an siang kali yaa..

Taman Balekembang

Di taman balekembang waw its amazing for me soalnya saya gk tau sebelumnya kalo taman balekembang ini ternyata menyatu dengan salah satu Makam Kramat .. waw ternyata tempat ke-relijuusan yang biasanya identik dengan kekunoan jadi bisa disulap menjadi tempat yang asik dan modern seperti ini ya..

Jadi orang klo mw ziarah gk akan boring, selain itu yg bikin saya proud of this ini antaralain tamannya yang superbersih + banyak fasilitas utk olahraga ( skatepark, trek joging dlsb) selain itu penjual jg gk berceceran di sekitar taman tetapi disatuin di satu sudut taman ( sentra pedagang ).
Gk heran deh kalo taman ini dinobatin sama PBB bahwa menjadi taman terbaik di dunia #TepukTanganUntukBuRisma #ProkProk.


Kebun Binatang Surabaya


Selesay jalan2 ke taman balekembang maka saya meluncur ke Zoo of Surabaya, saya ingin memastikan apakah benar hewan - hewan disana kurus - kurus kurang gizi seperti saya ini atau tidak.
tapi sedihnya saat saya sudah sampai di loket ternyata udah tutup :(, karena waktu itu sudah menunjukan pukul set 5 sore ( pdhl sebenernya saya emng gk punya duit wkw ).
Dan karena keasikan dolandolan saya lupa bahwa sebenernya  saya tidak  puasa, menggunakan trik anak kos mode on maka saya langsung ngomong " oke gugel " di smartphone saya lalu bilang " masjid terdekat". Alhamdulilah atas berkat rahmat Tuhan YME gugel pun menunjukan jalan dengan ikhlasnya ke Masjid terdekat, yaitu masjid al Fallah.

Masjid Al Fallah

Di masjid Al Fallah alhamdulilah ternyata takjilnya bamyak bener sampe tumpah-tumpeh, Thanks Allah SWT #ngusap2dompet.
sambil menjelang azan saya shalat ashar dulu, maklumlah itukan kewajiban iya engga ? eaa..
Selesay shalat saya nyari colokan maklumlah hp tinggal sepersekian persen nyawanya huhu, alhamdulilah masjid ini ada charger cornernya, selain itu yg saya perhatiin masjid Al Fallah ini penuh dengan ke-modernnitas-an, ruangannya sangat dipenuhi full Air Cooler didepannya berjejer + Kipas Angin diatap yg tidak terhitung jumlahnya, dan juga seluruh lantai dilapisi karpet empuk yg enak bwat tidur2an, waww pantesannya di gmpas reviewnya tempat ini bintang 5 + 143 comment, kalo gk percaya liat aja di gmpas,

Dan seperti diduga, tempat nyaman seperti ini dimanfaatkan oleh traveler, pedangan, masyarakat setempat untuk tidur2an didalamnya.. hmm..
Okee setelah santai2 didalam masjid sembari cas hape akhirnya adzan magrib pun tiba, utk sementara kami dikasi kurma 5 buah + 1 teh manis, tidak lama langsug iqomah dan shalat deh..
And then like u imagine  right now, after that makan besar dimulai !

Pertemuan dengan Bapak pengurus Masjid

Selesay makan besar itu, bapak2 ngobrol dibelakang masjid dengan leha2 sembari nunggu adzan isya, saya pun ikutan duduk sambil liatin hp yg di charge di charger corner, maklumlah ngeri ilang tuh hape, kalo ilang bagaimana nasib saya ? huhu.

Salah satu bapak pengurus berjenggot tebal + celana cingkrang + dasteran + jidat hitam ( notabenenya sangat bertentangan dgn penampilan kaum tradisionalis alias Wong NU yg biasa sarungan )  menghampiri saya yang sedang sendiri senderan sambil merenung arti hidup ini sebenernya.  saya kaget tersentak saat bapak itu memulai pembicaraan.
Setelah saya perhatikan sekilas dgn menggunakan ilmu deduktif ala Sherlock Holmes maka didapati ciri ciri diatas dalam diri bapak tsb ,  maka saya berkesimpulan bahwa bapak ini penganut paham islam wahabi.

And fyi, Wahabi adalah salahsatu gerakan islam  yg ditantang oleh aliran Islam tradisionalis, saya sendiri dipihak golongan islam tradisionalis sendiri ( mungkin utk pembahasan lebih lanjut mengenai ini akan dibahasa dilain tulisan saya kk )
Bapak tsb basa basi terhadap saya, dan obrolan pun terjalin cukup lama..  ohya dalam obrolan ini kita diskusi dari perihal kenegaraan hingga ke islaman, panjang deh pokoknya kalo diceritain mungkin tambah panjang nnti ini tulisan he he.
Dan benar saja apa yang saya simpulkan / duga sebelumnya, bhwa bpk tersebut adalah penganut islam Wahabi,

hal ini dibuktikan saat bapak tersebut  menyinggung soal budaya  tahlilah, salahsatu budaya khas pengnut islam tradisionalis macem saya ini, dia bilang bahwa hal tersebut sesat, tidak ada dalil dlsb. tentu saja bapak tersebut  bilang begitu karena tidak tau bahwa saya  adalah seorang Nahdliyiin pecinta tahlilan  :)..
itu terjadi karena saya tidak menceritakan bahwa saya adalah Nadhliyin dari awal pembicaraan,  karena saya tau bila saya ceritakan dari awal maka bapak tsb akan tidak mengutarakan pendapatnya dgn lugas karena akan berusaha menjaga perasaan saya..

Saya hanya tersenyum dan manggut2 saja mendengar penjelasan bapak tersebut walaupun dalam hati saya menyanggahnya, karena bila saya menyanggah pendapat bapak tsb saya takut beliau tersinggung.. Maklumlah saya kan Anaaaak Mudaah...

honestly, setelah diskusi dan mendekati isya bapak tersebut bilang bahwa akan ada kajian malm ini dari jam 1an - Shubuh, saya pun disuruh menghadiri acara tersebut dan disuruh menginap dimasjid, karena kata Bapaknya setiap malam memang sangat banyak orang menginap di masjid.
Melihat spanduk bertulisan " Saur Gratis Di Masjid Ini " maka saya berpikiran utk mengikuti kajian tersebut


CERITA BERSAMBUNG..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komnas HAM RI Perwakilan Papua Menjadi Pemateri dalam Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Jurnalistik Jujur Bicara (Diklat Jurnalistik Jubi) Tahun 2023

Apakah Dibenarkan Hakim Tunduk terhadap Tekanan Publik atas Vonis Mati Sambo dan Vonis Bui 1,5 tahun Eliezer?

Sinopsis dan Pesan Moral dari Film Old Henry (2021)